Saturday 4 February 2012

Ikan Tilapia Bakar Medan, Indon

Masa kat Medan, aku makan ikan bakar yang saangat sodap. Berbeza sekali. Ai suker. Bila teringat2 aku google cari resepinya.

Lepas tu, aku jumpa gambar ni. Rupanya sebijik. Uwess, menitik air liur aku. Satu masa bulan mengambang, aku nak try ah....

di sini aku copi paste kan sajer yang original daripada blog Baltyra.com untuk dikongsikan kita semua deh... bukan niat nak plagiat ke aper ke., harap tidak menyebabkan kecik hati.. Semoga beliau terus suksess. Terima kasih aje deh.
 _____________________________________________________________

Halo teman2 pembaca sekalian.. kita jumpa lagi di dapur Baltyra… kali ini kembali akan saya sajikan menu ikan bakar lagi, moga2 ngga bosen ya.. kalo aku sih ngga bakal nolak  deh, soalnya ikan bakar adalah makanan kesukaanku, ngga ngebosenin…

Berbagai resep ikan bakar telah dibahas di dapur ini, semuanya enak, tergantung selera aja… kemaren ini kepengen banget makan ikan gurame bakar yang sering saya makan di resto riung2an, setelah browsing sana sini, akhirnya kuputuskan untuk meramu beberapa resep, menambah dan mengurangi resep2 yang ada, akhirnya berhasil juga memasak ikan bakar yang hampir sesuai dengan bayanganku, tapi rasanya jauh lebih enak, karena hasil masakan sendiri dan dimasak dengan penuh cinta.. ceilah.. benaran deh, malam sebelumnya selagi mau tidur, kelezatan ikan bakarnya sudah terasa di ujung lidahku… terbayang terus (hihi, ketauan gembulnya), untung akhirnya berhasil bikin dengan sukses sempurna…

Resep ini ku share disini, selain untuk dicobain temen2 sekalian, juga untuk menggampangkan daku kalo mau bikin lagi, tinggal klik Baltyra aja….

grilledtilapia

Bahan:
-       ikan tilapia (nila hitam), pengganti gurame, atau ikan apa aja, sebaiknya sih yang rada berlemak, bersihkan, tiriskan, bumbuin dengan garam dan air lemon
-       bumbu halus: bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri
-       2 sdm bubuk santan, 3 sdm minyak goreng dan kecap manis


                                                                 


Cara:
-         setelah dibumbuin, ikan didiamin beberapa jam (dalam kulkas aja)
-         bumbu2 dihaluskan, campur semuanya
-         oleskan sedikit bumbu halus kebadan ikan secara merata
-         panaskan grill pan, olesin dengan sedikit minyak
-         taro ikan diatas pan yang sudah panas, kecilin apinya jadi medium
-         panggang selama 5 menit, balik dengan hati2, oleskan lagi bumbu halus
-         demikian seterusnya sampai ikan mateng dan bumbu halusnya habis, 4 kali deh

atau mau gampangnya, masukkan aja dalam oven dgn api medium high, tetap harus dibalik sambil diolesin bumbu halus



untuk teman ikan bakarku kali ini, selain lalapan dan sambal terasi, yang paling tepat adalah tumis kangkung, apalagi kangkung hasil kebun sendiri yang ditanam dengan penuh cinta juga oleh suamiku.. yoii.. rumahku memang penuh cinta…


Dinner yang enak ngga perlu mahal dan di resto terkenal, dari dapur sendiri juga bisa menghasilkan ikan bakar enak, ikan bakar di Jimbaran, Laguna, riung2an.. mmh liwat deh…


Sekian perjumpaan kita kali ini, sampai jumpa di resep berikutnya (kalau aku nemu resep enak yak)

Salam ngebul dari dapur miniku


sumber:
http://baltyra.com/2009/11/19/tilapia-bakar/

No comments: